Selamat Datang.......

Blog ini mungkin biasa saja tapi berusaha menampilkan sesuatu yang berguna! Tips, info, review, berita, saran, pengalaman dan yang lainnya....

Windows Live Writer Portable part 1 (How to Create it?)

How to Create Windows Live Writer Portable… Pernah mendengar Windows Live Writer? Windows Live Writer adalah salah satu freeware dari Microsoft untuk melakukan Offline Blogging. Dimana anda bisa membuat posting terlebih dahulu secara offline kemudian begitu selesai bisa langsung mempublishnya secara online. Nah Windows Live Writer ini tentunya akan lebih powerful lagi dia bisa menjadi portable application alias aplikasi yang bisa dipakai dimana-mana tanpa perlu instalasi lagi.

Setelah berGoogling ria, berikut cara membuat Windows Live Writer Portable: (Bagi yang mau instan alias Windows Live Writer Portable yang sudah jadi, download disini!)

WindowsLiveWriterPortable01Pertama siapkan bahan-bahan yang kita perlukan. Dimana installer Windows Live Writer bisa anda dapatkan disini! Kemudian komponen portablenya disini!

WindowsLiveWriterPortable02 Sekarang ekstrak komponen portable! Kemudian masuk ke sub folder paling dalam dari hasil ekstrak tadi. Lihat gambar atas!

WindowsLiveWriterPortable03 Sekarang install Windows Live Writer terlebih dahulu… Ini terpaksa dilakukan karena Windows Live Writer sudah dicompile menjadi file exe yang tidak bisa sembarangan di ekstrak!

WindowsLiveWriterPortable04 Sekarang pilih program yang diinstall karena Windows Live terdiri dari banyak pilihan program, pilih “Writer” saja.

WindowsLiveWriterPortable05

WindowsLiveWriterPortable06

Sekarang tunggu proses instalasinya! Tenang saja instalasi tidak mendownload file lagi jika sebelumnya sudah mendownload installer yang full package! (gambar atas!)

WindowsLiveWriterPortable07

Instalasi sudah hampir selesai! Sekarang anda akan diberikan beberapa pilihan oleh Windows Live seperti mengganti home page dan sebagainya. Silahkan disesuaikan. Penyesuaian ini tidak akan mempengaruhi aplikasi portable anda nantinya.

WindowsLiveWriterPortable08 Sekarang anda akan diberikan pilihan lagi apakah mau mendaftar menjadi anggota dari Windows LIve… Jika tidak pilih close dan instalasi sudah selesai.

WindowsLiveWriterPortable09 Sekarang kembali ke komponen portable tadi dan klik file WindowsLiveWriterPortable. Lihat gambar diatas! Jika muncul layar konfirmasi pilih “Yes”WindowsLiveWriterPortable10 Sekarang pilih lokasi instalasi Windows Live Writer tadi. Defaultnya ada di “direktori-progrmam-files”\Windows Live\Writer. Kemudian komponen portable ini akan mencopy file yang diperlukan untuk membuat Windows Live Writer Portable.

WindowsLiveWriterPortable11

Selanjutnya akan ada konfirmasi apakah file-file dari aplikasi Windows Live Writer seperti file *.exe dan *.dll akan dikompres dengan UPX atau tidak. Mengkompress dengan UPX akan mengecilkan ukuran file-file *.exe ataupun *.dll. Tapi jika anda kurang berpengalaman dengan penggunaan UPX, pilih saja opsi “No”

WindowsLiveWriterPortable12 OK pembuatan Windows Live Writer Portable sudah selesai. Sekarang anda sudah boleh menggunakannya langsung. Tapi karena disini adalah fresh install, kemungkinan anda harus mengkonfigurasinya terlebih dahulu. Bagaimana cara mengkonfigurasinya? Lihat artikel ini! (masih tahap pembuatan)

Dan jika anda tidak mau repot-repot mengikuti tahapan diatas, anda bisa langsung mendownload Windows Live Writer Portable disini!

Windows Live Writer ini bisa digunakan untuk Offline Blogging di Blogspot, Wordpress, Windows Live Blog dll

Sumber:www.techlifeweb.com


Bookmark and Share


Related Posts by Categories



3 komentar:

nyoman said...

makin banyak solusi buat posting offline ya

OD said...

Yup tentu sir...
Masih ada satu lagi tapi masih antre dalam daftar postingan... :)

Post a Comment

You have another info or comment? Please write it here...