Selamat Datang.......

Blog ini mungkin biasa saja tapi berusaha menampilkan sesuatu yang berguna! Tips, info, review, berita, saran, pengalaman dan yang lainnya....

WolframAlpha, Bukan Pesaing Baru Search Engine Google

Banyak sekali pemberitaan yang menyebutkan WolframAlpha, Pesaing Baru Search Engine Google... waduh ini harus diluruskan! WolframAlpha, Bukan Pesaing Baru Search Engine Google, melainkan jika dicermati WolframAlpha dan Google dan situs-situs pencari lainnya bisa saling melengkapi! Jangan mudah terbawa berita ok!

Google diciptakan sebagai tempat untuk mencari informasi di rimba internet, layaknya seperti suatu terminal Google menyediakan bus (dalam hal ini link) yang mengantarkan anda ke tempat tujuan untuk memperoleh informasi. Bukannya menyediakan informasi secara langsung dari situs Google. Karena tujuan awal dan dasar dari Google memang untuk memudahkan kita dalam menjelajahi world wide web.

Dan Stephen Wolfram (author WolframAlpha) juga mengatakan kalau mesin pencari buatannya ini berbeda dengan search engine seperti Google. Search engine ini tidak mencari dari data melalui web, namun akan mencarinya melalui kumpulan data. Jadi, di sini tim peneliti Wolfram sudah membuat database ilmu pengetahuan berdasarkan kumpulan data, mulai dari fakta, dari data fisika ataupun ilmu pengetahuan lainnya. Bagaimana proses pengumpulan datanya? Sebanyak 100 pegawai Wolfram Research telah mengumpulkan data-data tersebut dan memverifikasinya selama beberapa tahun.

Google sendiri juga memiliki sistem pencarian yang mirip kumpulan data seperti WolframAlpha yakni di Google Scholar. tapi ini khusus untuk kumpulan data hasil pemindaian makalah, karya ilmiah dan sebagainya.

Melihat dari keterangan diatas WolframAlpha lebih cocok jika disandingkan dengan wikipedia. Bukan sebagai pengganti, tapi lebih ke pelengkap. Lihat screenshoot di bawah:


Pencarian dengan kata kunci New York. WolframAlpha mirip Wikipedia sama-sama menerangkan New York sedangkan Google melisting daftar situs yang berisi informasi tentang New York. (Termasuk didalamnya situs Wikipedia) Variasi informasi terbanyak tentunya berada di Google (Tapi biasanya hanya 10 link teratas yang paling relevan)

WolframAlpha masih dikembangkan jadi inovasi lainnya kemungkinan masih ada. Tapi kayaknya tetep aja Google dan WolframAlpha bakalan saling melengkapi...

Well kalo kayak gini Net Surfer manfaatin aja dua-duanya. Kalau pun mereka bersaing nantinya tuh konsumen seperti kita tetap diuntungkan...
Mudah-mudahan berguna...
Peace

Bookmark and Share


Related Posts by Categories



0 komentar:

Post a Comment

You have another info or comment? Please write it here...